Select Page

Goa Semar merupakan salah satu goa yang terdapat di kompleks wisata telaga warna. Selain goa ini, ada juga beberapa goa lain yaitu Goa Jaran, dan Goa Sumur. Goa ini dianggap goa yang sakral dan banyak digunakan untuk bertapa atau bersemedi. Tujuan dari bertapa adalah mendapatkan petunjuk dan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Ketika mengunjungi telaga warna, anda bisa berjalan –jalan mengitari kompleks telaga yang cukup luas. Disana terdapat berbagai objek – objek menarik mata. Wilayahnya yang masih asri dan terjaga membuat pengunjung betah berlama – lama menikmati pemandangan yang ada. Setelah puas mengelilingi telaga warna yang indah dengan gradasi warna hijau tosca dan telaga Pengilon yang berdekatan dengan telaga warna, anda bisa mengunjungi situs – situs seperti Goa Semar. Jangan khawatir tersesat, karen selama disana banyak terdapat tanda – tanda atau arah jalan menuju goa.

Goa semar berukuran kurang lebih 4 meter persegi. Didalamnya terdapat ruangan yang digunakan untuk bertapa. Menurut cerita penjaga, banyak orang – orang penting dan raja – raja yang bersemedi disana sejak jaman dahulu. Didalam goa terdapat patung Semar, sesaji dan bunga – bungaan. Namun kita tidak bisa sembarangan masuk kedalam goa tersebut, ada pagar besi yang menghalangi pengunjung untuk masuk kedalam goa. Hal itu dilakukan karena goa diangggap sakral dan tidak boleh dimasuki sembarangan orang yang tidak berkepentingan. Sejatinya dinamai dengan goa semar karena menurut mitos yang beredar, goa tersebut sebagai persinggahan terkahir dari Mbah Semar yang bertapa. Mbah Semar ini kerap berkeliling tanah jawa untuk bersemedi dan pada tujuan akhirnya selalu mengarah ke goa Semar ini.

Lokasi Goa Semar

Goa Semar terletak satu kompleks dengan telaga warna, yaitu didaerah Dieng, Kabupaten Wonosobo. Telaga warna sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi andalan daerah tinggi Dieng.untuk mencapai Goa Semar, anda bisa masuk melalui pintu telaga warna dengan membayar retribusi yang sudah ditentukan oleh pengelola.

Setelah masuk kedalam kompleks wisata telaga warna, anda bisa ditemani oleh seorang pemandu wisata yang akan mengantarkan anda langsung menuju tempat goa. Namun bagi anda yang nyaman bepergian dan menikmati keindahan sendiri, anda dapat mengandalkan papan – panpan penunjuk jalan yang tersebar dibeberapa titik telaga warna. Jalan akses menuju goa terbilang sudah cukup baik karena sudah diberdayakan oleh pengelola asalkan tidak tergenang air, jalan akan mudah dilalui. Tetapi jika hujan datang, jaaan akan menjadi licin dan becek dan cukup berbahaya bagi pengunjung.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di telaga warna, karena kendaraan uum belum menjangkau sampai sini. Anda juga bisa menyewa mobil untuk dibawa berlibur ditempat ini bersama – sama dengan keluarga atau teman serombongan anda. Jadi anda dapat menggunakan jasa Sewa Mobil Ayla Temanggung untuk solusi kebutuhan transportasi anda.

Poster Goa semar

Hal Utama di Goa Semar

Jika anda mengunjungi Goa Semar, anda akan merasakan aura spiritual dan magis yang kuat memancar dari objek wisata ini. Karena tempat wisata ini memang ditujukan untuk tempat –tempat ritual bersemedi untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Dahulu, tempat ini pernah digunakan untuk bersemedi salah satu Presiden Republik Indonesia, yaitu Soeharto. Menurut cerita pemandu wisata, dulu sebelum Soeharto diangkat menjadi presiden, beliau pernah melakukan ritual bertapa yang dilakukan hanya bersana kuncen alias penjaga dari goa. Dikabarkan bahwa siapa saja yang bertapa disini dan dapat mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa akan mendapatkan berkah yang tak terduga. Mungkin berkah yang didapatkan oleh Soeharto adalah diangkatnya beliau menjadi Presiden Negara Indonesia. Anda akan berwisata ke kota yogyakarta? silahakan kunjungi bus pariwisata Yogyakarta visit http://sewabusyogyakarta.com/

Hal – Hal yang Dapat Dilakukan

Selain merasakan aura spiritual yang memancar dari objek wisata, pengunjung bisa mengabadikan gambar melalui kamera meskipun hanya terbatas pada bagian depan goa. Selain itu terdapat patung besar yang berada di pintu utama masuk kedalam goa yang dapat dijadikan bjek pengamatan dan pengambilan gambar. Dan ketika para pengunjung sudah selesai mengunjungi goa, mereka dapat berjalan – jalan disekitar kompleks telaga warna untuk melepas penat dan mengunjungi situs – situs yang sekomplek seperti Goa Pengantin, Goa Sumur, Goa Jaran dan telaga Pengilon.

Larangan Tempat Wisata

  1. Jangan masuk kedalam goa sembarangan
  2. Selalu menjaga omongan dan sopan santun, karea tempat wisata merupakan tempat wisata yang religius
  3. Jangan mencorat – coret tembok gua
  4. Dilarang membuang sampah sembarangan
  5. Patuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola demi kebaikan bersama

Adab Berwisata

Dalam berwisata, hendaknya kita selalu menjaga sopan santun dan etiket sebagai masyarakat yang baik. Setiap tempat wisata mempunyai ke khasan masin – masing, jadi tetap hormati dan hargai semua tempat yang ada. Wisata Goa Semar, jalan lain merasakan religiusitas.