Select Page

Gangsiran Aswatama merupakan salah satu situs sejarah yang terletak di aerah Dieng. Gangsiran aswatama merupakan situs sejarah yang berbentuk lubang – lubang atau sumur yang memiliki kedalaman 5 – 7 meter dan beriameter antara 4 – 5 meter yang dibangun pada kepemerintahan dinasti Sanjaya Mataram Kuno. Lubang – lubang ini tersebar di suatu area lahan  yang berada di tepi jalan Dieng Kulon. Dalam lubang ini terdapat air yang menggenang memenuhi volume dari lubang. Konon pada bagian paling bawah dari lubang terdapat saluran – saluran yang mengubungkan antar satu lubang ke lubang yang lainnya.

Meurut sejarah yang ada, ada banyak versi cerita dari situs sejarah ini, diantaranya adalah, dibuatnya lubang – lubang ini sebagai lubang penampung air ketika telaga balaikambang meluap dan membanjiri kawasan Candi Arjuna dan Candi Setyaki. Versi lainnya adalah lubang – lubang ini sebagai sumber air bagi penduduk di sekitar Dieng yang kala itu kesulitan mendapatkan air.

Pun begitu dengan penamaan dari situs ini, ada beberapa versi juga yang masih belum ditemukan mana sebenarnya yang benar. Versi yang pertama adalah situs ini dinamai seperti nama tokoh pewayangan, Raden Aswatama yang diceritakan membuat sebuah lubang untuk membunuh Raden Parikesit. Raden Aswatama adalah anak dari Pandita Drona yang hendak membalaskan dendam atas kematiah ayahnya, dia membuat sebuah lorong menuju perkemahan Pandawa. Cerita lainnya menceritakan bahwa Raden Aswatama menggali lubang karena ingin merebut permata yang disembunyikan oleh Bathara Krishna di dasar Telaga Balaikambang, niat dari Raden Aswatama mengeringkan Telaga Balaikambang dengan menggali lubang yang dapat menyerap air dari telaga.

Letak Gangsiran Aswatama

Gangsiran Aswatama teletak di derah dataran tinggi ieng, tepatnya di derah Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Letaknya yang berada di tepi jalan membuatnya terlihat mencolok. Untuk menuju ke tempat ini, anda bisa menggunakan beberapa rute yang sudah biasa dilewati oleh para pengunjung lain. Anda bisa melalui rute Jogja yang jalannya relatif lebih mudah dan bagus melewati daerah Tempel, Muntilan, Magelang, Temanggung, Wonosobo.

Lokasi dari tempat wisata ini tidak begitu jauh dari kompleks Candi Arjuna. Dengan jalan yang lumayan halus dan terawat, anda dapat menggunakan kendaraan – kendaraan seperti mobil dan motor sambil melewati Pesona Candi Srikandi. Selain itu, anda juga dapat menggunakan jasa sewa mobil Elf atau bus untuk kemudahan transportasi anda. Dengan menyewa mobil, anda tidak perlu was – was tersesat atau tersasar karena tidak tahu jalan, karena biasanya sopir kendaraan sewa sudah mengetahui seluk beluk dan lokasi dari tempat wisata.

Poster Gangsiran Aswatama dieng

Gangsiran Aswatama yang Unik

Salah satu wisata di Dieng yang terbilang cukup unik adalah Gangsiran Aswatama. Mengapa? Karena tempat ini masih menjadi misteri yang tertutupi misteri yang lain yang harus dikuak. Keberadaan lubang – lubang yang berisi air yang asalnya tidak diketahui menjadi keunikan tersendiri dari tempat wisata ini. Dengan berkunjung ke tempat ini, anda dapat melihat lubang – lubang yang beraneka bentuk yang tersebar pada suatu lahan. Selain itu, kegunaan dari lubang – lubang ini masih simpang siur membuat para pengunjung tergelitik untuk mencari tahu apa sebenarnya fungsi dari lubang – lubang ini. Kemudian dari segi penamaan yang juga masih mengandung misteri patut kita eksplor lebih jauh lagi. Anda akan berwisata ke kota yogyakarta? silahakan kunjungi sewa bus di Jogja visit http://sewabusyogyakarta.com/

Apa yang Dapat Kita Lakukan

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan di tempat ini, diantaranya adalah:

  1. Menikmati suguhan misterius dari lubang – lubang yang ada
  2. Pemandangan Dieng yang indah
  3. Menguak sejarah dan misteri dari lubang – lubang ini
  4. Mencoba air yang ada di dalam lubang – lubang

 

Larangan – Larangan yang Perlu Diperhatikan

Karena wista ini termasuk dalam cagar budaya, kita harus tetap melestarikannya sebagai tanggung jawab kita terhadap nenek moyag dan generasi yang akan datang. Dengan melestarikan tempat – tempat wisata bersejarah membuat kita tidak melupakan sejarah yang telah membangun kita sampai saat ini. Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika berkunjung ke tempat ini.

  1. Dilarang membuat sampah sembarangan apalagi kedalam lubang
  2. Jangan membuat api / bakar – bakar diwilayah ini
  3. Dilarang mencorat – coret disekitar temat wisata
  4. Dilarang membuat keributan apalagi sampai menggangggu pengunjung lain
  5. Selalu waspada
  6. Patuhilah aturan yang telah ditetapkan

 

Wisata Unik Nan Asik

Dengan berwisata membuat kita bisa merapakan apa – apa saja yang berada disekitar kita. Dengan menjelajah membuat kita tahu apa saja yang mengelilingi kita. Berwisata membuat pengetahuan kita semakin luas dan banyak. Mulailah wisatamu dengna berkunjung ke tempat –tempat sekitar anda, contohnya adalah Gangsiran Aswatama yang unik, menarik dan asik.