Select Page

Jika anda mengunjungi Wonosbo, tidak ada salahnya menjajal wisata Air Terjun Merawu. Air terjun merawu adalah salah satu air terjun yang berada di Desa Giri Tirta. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter. Debit airnya cukup besar dan deras. Air dari air terjun ini akan menyatu dan menjadi sumber utama Sungai Mrawu. Sungai Mrawu adalah salah satu anak dari Sungai Serayu. Air yang meluncur ke bawah menjadi satu jalur, namun pada bawah tersebar dan melebar menjadi beberapa aliran karena adanya batuan yang membaginya.

Disebelah kanan dan kiri dari air terjun terdapat sumber air panas. Air panas ini tercampur dengan air yang jatuh dari air terjun membentu kolam air hangat. Airnya berwarna merah keoranyean karena air panas mengandung belerang atau sulfur. Kemudian jika kita mengikuti aliran airnya, airnya akan terus kebawah  membentuk air terjun dengan ketinggian 10 meter yang mengalirkan air panas dari air terjun merawu yang berada diatasnya. Dari sela – sela bebatuan air terjun mini ini menguar uap panas yang berbau seperti belerang tetapi tidak pekat.

Lokasi Air Terjun Merawu

Air Terjun Merawu terletak di desa Giri Tirta, Wonosobo. Jaraknya tidak terlalu jaug dari Dieng. Jadi jika anda ke Dieng, anda bisa sekalian mampir ke air terjun ini.

Akses menuju desa Giri Tirta terbilang sudah cukup bai, meskipun hanya berupa aspal yang sudah banyak terkelupas sana – sini. Namun itu lebih baik daripada jaman dulu jalan yang ada tidak bisa dilewati oleh kendaraan, jadi para penduduk yang hendak menuju kota ataupun dari kota harus berjalan kaki untuk menuju desa ini.

Anda dapat menggunakan mobil atau motor sebagai kendaraan pengantar wisata. Untuk masalah kepraktisan anda bisa menggunakan motor, tetapi anda tidak bisa membawa rombongan yang banyak karena keterbatasan muatan motor. Solusinya adalah anda bisa menggunakan mobil, baik mobil pribadi maupun mobil sewa. Salah satu tempat sewa mobil yang ada di Wonosobo adalah Sewa Mobil Evalia Temanggung. Mengapa anda disarankan menggunakan mobil sewaan? Jika anda membawa rombongan yang lumayan banyak, menggunakan mobil tentu lebih praktis. Kemudian lebih praktis dan hemat. Anda bisa langsung terusan dari desa ini langsung ke Dieng atau sebaliknya. Lumayan menghemat uang anda.

Untuk menuju tempat ini anda dapat menggunakan berbagai cara, yaitu:

  1. Jalur akses Semarang

Dari Terminal Terboyo, anda memilih bus jurusan Purwokerto melalui Wonosobo. Jarak tempuh sekitar 120 kilo meter dengan estimasi waktu perjalanan 3,5 jam. Rute perjalanannya yaitu : Semarang – Ungaran – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo.

  1. Jalur akses Jogja

Jalur ini relatif lebih mudah karena jalan yang ada cukup bagus dan tidak rusak. Anda bisa naik bus dari terminal Giwangan atau Jombor sampai ke terminal Magelang. Selanjutnya turun dan mencari bis jurusan Magelang sampai Wonosobo. Turun di terminal Wonosobo, kemudian melanjutkan dengan kendaraan sewa. Untuk berwisata ke jogja, silahkan hub sewa bus pariwisata jogja visit  http://sewabusyogyakarta.com/

  1. Jalur akses Magelang

Jika anda berangkat dari Magelang, anda mengambil jurusan bisa yang langsung menuju Wonosobo, perjalanan kira – kira mencapai 2 jam.

Poster Air Terjun Merawu

Keutamaan Air Terjun Merawu

Air yang jatuh dari ketinggian 50 meter membuat Air Terjun Merawu terlihat gagah dan indah sekaligus. Percikan air yang jatuh memppu menyegarkan pikiran. Selain itu anda dapat menemukan air panas yang langsung bercampur dengan air yang berasal dari atas membuat air terasa angat. Anda dapat merendam kaki anda dan merasakan kenyamanan yang diciptakan ketika air hangat menyentuh kaki anda.

Apa Saja yang Dapat Dilakukan

  1. Bermain air

Air yang terdapat pada kolam bagian bawah dapat anda manfaatkan untuk bermain air bersama teman.

  1. Mandi air terjun

Rasanya main ke air trjun jika belum mandi belum afdol namanya. Maka anda bisa mandi di air terjun ini sambil menikmati pemandangan khas pedesaan.

  1. Mengamati air terjun

Bagi anda yang kurang sua berbasah – basahan, anda bisa duduk agak jauh dari air terjun dan memandangia air terjun dari kejauhan sambil merasakan keindahan alam pedesaan.

  1. Berfoto – foto ria dengan latar belakang air terjun

Tentu aktifitas ini jagan smapai dilewatkan sebagai tanda bahwa kita sudah pernah ke air terjun ini.

  1. Terapi air panas

Karena pada bagian kiri kanan air terjun terdapat air panas, anda dapat melakukan terapi. Selain air panas, air ini juga mengandung belerang yang bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Larangan Selama Berada di Air Terjun

  1. Membuang sampah sembarangan, kantongi sampah anda sampai menemukan tempat sampah. Jangan merusak kelestarian alam.
  2. Merusak lingkungan sekitar air terjun, banyak terdapat tumbuhan – tumbuhan endemik yang dilidungi, jangan sampai anda memetik tanaman sesuka hati
  3. Corat – coret batuan air terjun
  4. Bertindak anarkis, ribut yang dapat mengganggu pengunjung lain

Wisata Alam Bermanfaat

Sungguh sangat banyak manfaat dari air terjun, terutama Air Terjun dan Curug Wonosobo dari sebagai sumber listrik, pengairan sawah – sawah warga, tempat berwisata sampai tempat terapi. Karena banyaknya manfaatnya, sudah sepatutnya kita menjaganya dengan sepenuh hati. Kunjungi Air Terjun Merawu dan jangan merusaknya.