Select Page

Untuk anda yang sudah bosan dengan tempat wisata yang itu – itu saja tanpa ada variasi, anda dapat mengunjungi berbagai Air Terjun dan Curug yang masih berada di satu wilayah di Wonosobo. Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian tertentu. Banyak air terjun terdapat pada dataran tinggi karena akibat erosi yang banyak terjadi. Manfaat adanya air terjun adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air, tempat berwisata dan tempat menenangkan pikiran.

Air terjun banyak terdapat didaerah – daerah dataran tinggi termasuk di wilayah Wonosobo. Keberadaan air terjun banyak sekali dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Air terjun dapat digunakan untuk pembangkit listrik. Adanya gerakan yang diciptakan oleh debit air yang turun kebawah mengandungg banyak tenaga yang dapat diolah menjadi sumber listrik bagi daerah – daerah sekitar.

Kemudian air terjun sebagai sumber irigasi persawahan disektarnya, air yang turun kebawah membentuk sungai yang mengalirkan jumlah air yangbanyak dan bisa mengaliri sawah – sawah warga. Manfaat selanjutnya adalah untuk tempat berwisata, banyak pengunjung yang memilih berwisata ke air terjun. Merasakan kesegaran air terjun adalah nilai plus dari air terjun selain menikmati keindahan dan kegagahan dari air terjun.

Keunikan dari air terjun adalah, ada beberapa tempat yang memiliki air terjun yang airnya berupa air panas. Sumber air panas dari air terjun ini banyak ditemui di daerah pegunungan, dataran tinggi dan lain lain.

Cara Menjangkau Air Terjun

Ada berbagai cara yang ditempuh untuk menjangkau air terjun, tergantung dari medan dan lokasi yang ada. Ada beberapa air terjun yang belum bisa dikunjungi oleh pengunjung menggunakan kendaraan, jalan satu –satunya adalah menggunakan tenaga sendiri alias berjalan kaki, bisa dihitung sebagai olahraga. Namun jangan khawatir ada juga air terjun yang aksesnya bisa menggunakan kendaraan.

Untuk air terjun yang berada di daerah Wonosobo, anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, karena kendaraan umum belum bisa menjangkaunya. Selain itu tergantung juga daerah mana yang hendak anda kunjungi. Untuk air terjun biasanya banyak didaerah atau tempat – tempat yang terpencil dan susah akses kendaraan umum.

Baca Juga: Sewa Mobil Swift Solo Harga Murah Bingits

Bagi anda yang hendak menuju yang berasal dari luar kota Wonosobo untuk melakukan perjalan wisata menuju air terjun, anda biasa menggunakan berbagai rute dan cara akses. Beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan bus sampai terminal Wonosobo, kemudian selanjutnya naik mikro bus menuju tempat wisata yang akan disambangi. Selanjutnya bisa menggunakan kendaraan sewa di Sewa Mobil CRV Temanggung. Selain lebih praktis, harganya tidak terlalu mahal dan siap mengantarkan ke tempat – tempat wisata yang diinginkan tanpa takut berdesak – desakkan di angkutan umum.

Selain itu anda juga bisa menaiki kereta dan turun di Stasiun Kebumen atau Stasiun Kutoarjo. Jika turun di stasiun Kebumen, selanjutnya anda harus naik mikro bus tujuan Treminal Prembun kemudian mencari mikrobus tujuan Wonosobo. Sampai ke Wonosobo memerlukan waktu sekitar 3 jam. Jika melalui Kutoarjo, anda langsung naik angkot, bilang saja pada supir jika anda hendak menuju Wonosobo. Sesampainya di MPS, naik mikrobus tujuan Wonosobo.

Poster Curug di Wonosobo

Atraksi Utama Air Terjun

Atraksi utama dari air terjun adalah ketika air yang berada pada ketinggian tertentu jatuh menuju kebawah dengan kecepatan penuh dan menghantam permukaan tanah yang menciptakan cipratan – cipratan air yang akan memberikan kesejukan yang unik bagi anda. Dengan melihatnya anda akan merasa takjub dan menghargai ciptaan Tuhan yang begtu indah seperti air terjun.

Apa Saja yang Dapat Anda Lakukan

Disana anda bisa bermain air seperti mandi air terjun. Air terjun yang dingin akan membawa kesegaran bagi siapa saja yang mandi dibawahnya. Selain itu anda dapat mengabadikan perjalanan anda dengan menggunakan kamera yang bisa disimpan sebagai kenangan. Namun bagi anda yang malas berbasah – basahan anda bisa duduk dari kejauhan untuk menikmati pemandangan dari air terjun.

Larangan Selama di Air Terjun
  1. Membuang sampah sembarangan
  2. Merusak lingkungan sekitar air terjun
  3. Corat – coret batuan air terjun
  4. Bertindak anarkis, ribut yang dapat mengganggu pengunjung lain
  5. Bersikap seenaknya sendiri (bersikaplah yang santun dan sopan)
Wisata Alam Bersama Air Terjun

Terbukti Air Terjun masih menjadi primadona wisatawan. Tingginya animo masyarakat untuk mengunjungi air terjun membuat air terjun selalu ramai, salah satu yang menarik adalah Air Terjun Merawu. Namun perlu diperhatikan, tetaplah jaga keestarian dari wisata – wisata alam agar penerus kita selanjutnya masih bisa merasakannya. Mari berwisata alam ke Air Terjun dan Curug Wonosobo.

Apakah kantor anda sedang mencari armada Hiace untuk keperluan di Yogyakarta? Sewa Hiace Jogja dari berbagai agen sewa kendaraan di Yogyakarta akan memberikan armada Hiace terbaik bagi kantor anda.