Select Page

Salah satu candi yang berada di dataran tinggi Dieng adalah Candi Srikandi. Candi Srikandi yang dibangun pada dinasti Sanjaya pada abad ke-8 sampai abad ke-9 dan bercorak hindu. Candi ini termasuk dari kompleks Candi Arjuna yang sudah terkenal. Jarak candi ini dari Candi Arjuna sekitar 100 meter jauhnya.

Candi ini teretak di sebelah utara dari Candi Arjuna. Karena bangunan candi ini bercorak hindu, maka tampilan dari candi ini  masih dipengaruhi oleh gaya – gaya arsitektur India. Gaya-gaya india  memiliki aturan- aturan baku dalam pendiriannya yang diatur oleh kitab kuno Manasara. Candi ini memiliki relief Tri Murti atau dewa utama dalam agama hindu meliputi Dewa Wisnu, Dewa Siwa dan Dewa Brahmana. Letaknya menghadap matahari tenggelam yang agak menyalahi langgam yang ada, karena biasanya candi – candi yang berada di daerah Jawa Tengah menghadap ke arah timur.

Candi ini berbentuk kubus yang memiliki batur candi setinggi 50cm dan memiliki ukuran 3,84 meter x 3,84 meter. Relief dari Tri Murti terletk pada sisi – sisi bangunan. Relief Dewa Siwa terletak di sisi bagian timur, Dewa Wisnu di bagian utara dan Dewa Brahma terletak di sisi selatan. Pintu masuk dan tangga berada di sebelah timur. Didalam bangunan candi terdapat sebuah ruang kosong yang belum diketahui fungsinya untuk apa. Relief yang ada di candi ini sudah tidak begitu bisa dikenali akibat oleh kerusakan – kerusakan yang disebabkan oleh alam seperti erosi oleh angin dan pelapukan batuan.

Letak Candi Srikandi

Bagi anda yang sudah memutuskan untuk mengunjungi Candi Srikandi, ada baiknya anda mencermati informasi – informasi mengenai letak dan lokasi dari candi. Candi ini terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Anda juga bisa menjangkaunya melalui jalan dari Wonosobo. Untuk menjangkau tempat ini, anda dapat menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil dengan syarat kendaraan mampu dibawa melewati daerah tanjakan dan jalan – jalan yang kurang begitu rata.

Nah bagi anda yang belum mempunyai kendaraan sendiri ataupun kendaraan yang tidak mendukung perjalanan anda, ada bebrapa alternatif yang bisa anda lakukan, salah satunya dengan menyewa mobil ELF atau bus, karena mobil ELF sudah terbukti mengantarkan penumpang kemanapun yang diinginkan.

Poster Candi Srikandi

Kesyahduan Candi Srikandi

Untuk anda penikmat wisata bersejarah, sungguh sangat disayangkan jika anda sampai melewatkan kesempatan berkunjung ke Candi Srikandi. Candi yang terletak sekompleks dengan Candi Arjuna ini memiliki keindahan yang membuat pengunjungnya terpesona. Meskipun bangunan candinya sudah agak rusak karena termakan waktu, Candi Srikandi masih sarat akan makna. Makna – makna yang terdapat pada candi ini masih banyak mengandung misteri. Mengapa? karena candi ini agak berbeda jika dibandingkan dengan candi – candi lain yang ada di Dieng maupun di Jawa Tengah. Keberadaannya yang menghadap matahari tenggelam masih menyimpan banyak tanda tanya, terlebih dengan relief yang menggambarkan Tri Mukti yang berbeda dengan candi – candi yang sekomplek dengannya. Banyak peneliti yang masih menyelidiki tentang candi ini.

Yang Ditawarkan Oleh Candi Srikandi

Selain bangunan candi yang begitu menarik, mulai dari relief sampai struktur pembangunan, anda dapat menikmati pemandangan yang terhampar mengelilingi candi ini. Terletak di atas ketinggian 2100 meter diatas permukaan laut membuatnya memiliki pemandangan yang menakjubkan. Disekelilingnya terdapat gunung – gunung yang membentang dan terdapat pula Candi Semar. Selain itu anda dapat mengkaji relief – relief yang ada di dinding – dinding candi yang masih menyimpan banyak misteri dan rahasia.

Setelah anda lelah berkeliling candi dan menikmati pemandangan sekitar, anda bisa mengaso di warung – warung warga yang banyak tersebar di area candi. Anda dapat membeli makanan dan minuman yang mampu mnegobati rasa kelaparan dan kehausan anda. Kemudian banyak juga berdiri toko – toko souvenir khas Deieng yang menjual berbagai macam pernak – pernik lokal yang bisa anda beli untuk oleh – oleh keluarga dan teman dirumah. Anda akan berwisata ke kota yogyakarta? silahakan kunjungi sewa bus di Jogja visit http://sewabusyogyakarta.com/

Larangan – Larangan Selama di Candi

Berikut beberapa larangan yang harus anda hindari ketika berkunjung ke candi.

  1. Jangan mencorat – coret bangunan candi menggunakan spidol, cat, tipe-x dan sejenisnya.
  2. Dilarang mengambil, merusak, memindahkan batu – batuan candi.
  3. Tida diperbolehkan memanjat – manjat bangunan candi.
  4. Jangan membuat keributan dan mengganggu pengunjung lain.
  5. Patuhi tata tertib dan aturan yang ada.

 

Mulailah Perjalananmu

Setelah mengetahui tentang seluk beluk dari Candi Srikandi, anda dapat segera menyusun rencana untuk berlibur bersama keluarga atau teman ke tempat wisata ini. Persiapkan perlegkapan anda dan rasakan sensi bertamasya di Candi Srikandi.