Select Page

Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng sepertinya memang tidak ada habisnya menawarkan wisata yang menarik dan bersejarah. Candi Arjuna adalah sebuah bangunan Candi Hindu yang bisa anda temukan di kompleks Percandian Arjuna, Dieng. Di kompleks ini, anda juga bisa menemukan candi lainnya seperti Candi Srikandi, Candi Semar, Candi Sembadra dan Candi Puntadewa. Candi Arjuna ini memiliki ukuran 6 x 6 m dengan menghadap ke arah Barat. Candi Arjuna memang berada di Kompleks Candi Arjuna, namun kompleksnya adalah kompleks terluas jika dibandingkan dari sekian banyak candi yang berlokasi di Dataran Tinggi Dieng. Candi Arjuna masih kental dengan gaya candi khas India.

Lokasi Wisata Candi Arjuna

Lokasi Candi Arjuna berada di paling utara dari deretan percandian di kompleks Percandian, tepatnya di Dataran Tinggi Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kompleks Candi ini memiliki luas 1 ha.

Poster Candi Arjuna
Keunikan Candi Arjuna

Saat anda berada di Kompleks Candi Arjuna, Anda akan melihat keunikan dari candi ini. Secara garis besar, keempat candi utama yang berlokasi di kompleks ini memang mempunyai ornamen yang sama. Di setiap candi, anda bisa melihat penil (ornament di bagian tangga), jalatmara (saluran air), kala (wajah raksas tanpa rahang bawah di atas pintu), makara (di sisi pintu), istadewata (di bagian atas candi), diksa (jalur untuk mengeliling candi), antefik (ornament di bagian ujung tiap sisi). Saat anda berkunjung ke Kompleks Candi Arjuna, anda tidak bisa menemukan arca yang pada umumnya menghiasi bangunan candi karena anda hanya akan melihat ruang kosong. Pasalnya, sebgain besar arca disimpan di Museum Kailasa dan sebagian lainnya hilang. Akan tetapi, menariknya Candi Arjunalah yang menjadi candi satu-satunya yang memiliki sarana, yakni Candi Semar. Candi ini kerap difungsikan sebagai tempat berkumpul atau menunggu para umat sebelum memasuki candi utama.

Berlibur Ke Candi Arjuna Dapatkan Ilmu Sejarah

Siapa bilang berlibur ke Candi terasa membosankan? Hal ini tidak akan anda dapatkan saat anda berlibur ke Candi Arjuna. Malahan, anda bisa berlibur sambil mendapatkan ilmu. Nilai sejarah yang dimiliki Candi Arjuna ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berlibur ke lokasi wisata ini. Selain kelima candi yang ada di Kompleks Candi Arjuna, anda bisa melihat Candi Setyaki yang berlokasi sekitar 200 meter sebelah barat. Candi ini memiliki dua bangunan yang digunakan untuk memuja Dewa Syiwa. Tempat wisata Candi Arjuna memang menjadi salah satu wisata unggulan yang ada di Dataran Tinggi Dieng dan kerap dikunjungi oleh wisatawan. Di dalam kawasan ini, anda bisa melihat pemandangan unik berupa candi yang berdiri tegak dengan dikelilingi rerumputan hijau yang tertata rapi. Barisan pepohonan juga bisa anda lihat mengelilingi kawasan Candi yang tentunya memebrikan kesan asri dan alami.

Tidak sampai di situ saja, anda juga bisa merasaksan sensasi menunggangi kuda yang biasanya ditawarkan oleh para pengunjung. Saat Anda keluar kompleks Candi sebelum menuju parkiran, anda akan menemukan beberapa penjual yang menjual produk khas Dieng, yakni Purwaceng. Purwaceng ini adalah minuman kesehatan khas Dieng yang bisa anda nikmati secara langsung di tempat atau bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Selain itu Anda bisa mengunjungi salah satu Candi yang menarik lagi yaitu ketika Berlibur Asik ke Candi Gatutkaca, Dieng.

Jaga Kebersihan di Candi Arjuna

Sebagai wisatawan, tentunya anda harus menjaga perilaku dan tata krama saat berlibur ke tempat bersejarah ini. Jagalah selalu kebersihan di candi ini dan jangan pernah membuang sampah sembarangan. Pastikan anda menjaga kebersihan tempat ini karena hal ini akan sangat membantu kelangsungan tempat wisata Candi. Punya rencana berwisata ke Kota Jogja kunjungi Bus pariwisata Jogja Satrio Langit visit http://sewabusyogyakarta.com/

 

Berlibur Dengan Mobil Elf Ke Candi Arjuna

Nah itulah sedikit ulasan mengenai obyek wisata Candi Arjuna. Menarik sekali, bukan? Jadi, kalau Anda tertarik untuk pergi ke tempat wisata yang anti mainstream, anda bisa mencoba untuk mendatangi Candi Arjuna. Di sini, anda bisa berlibur sambil belajar. Anda juga bisa memanfaatkan jasa sewa mobil elf yang ada untuk mempermudah anda berlibur ke Candi Arjuna.