Select Page

Mungkin bagi anda yang hobi mendaki gunung atau bukit, nama lembah atau Bukit Sumurup terdengan tidak begitu familiar. Bukit Sumurup memang tidak setenar bukit – bukit yang berada dalam satu kawasan di daerah Dieng. Jika anda menjelajah Dieng, pasti banyak rekomendasi bermuculan untuk mengunjungi Gunung Prau atau Bukit Sikunir. Namun, tidak terkenal belum berarti bahwa bukit ini tidak bagus, malah bukit ini memiliki keindahan khas yang tidak ditemukan di bukit – bukit yang lainnya.

Bukit ini berada di ketinggian sekitar 1800 sampai 2100 meter diatas permukaan laut. Suasananya tidak terlalu ramai karena memang belum banyak pengunjung menyadari keunikan dari bukit ini. Hal yang menarik dari bukit ini adalah adanya savana luas yang terbentuk diatas dua telaga yang sudah mengering. Savana adalah padang rumput yang luas dan diselingi oleh pepohonan. Savana di tempat ini cukup luas karena menempati dua telaga yang sudah kering. Namun pada sisi lain savana, terdapat telaga kecil yang masih berisi air namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Nama dari bukit ini diambil dari bahasa jawa sumurup yang artinya menyala atau bersinar. Mengapa dinamai sumurup? Mungkin karena ketika di puncak bukit dan memandang matahari yang terbit terlihat sangat terang dan bersinar.

Cuaca di bukit ini hampir sama dengan cuaca yang ada di tempat – tempat dataran tinggi lain, yaitu tidak menentu. Kadang pada pagi hari terlihat cuaca bersahabat dengan angin sepoi – sepoi dan matahari bersinar, pada siang harinya malah terjadi gerimis hingga hujan besar, dan malamnya cuaca mendung kadang juga cerah dengan bintang – bintang berkerlip dengan indah.

Konon ceritanya, di bukit ini anda masih bisa menjumpai binatang – binatang liar jika anda beruntung. Ada burung – burng, babi hutan, serangga, ular dan lainnya. Tentu sangat menarik bukan?

Lokasi Bukit Semurup

Untuk mencapai lokasi Bukit Sumurup perjalanan ditempuh dalam waktu satu jam dari kota Wonosobo. Bukit ini masuk bagian wilayah administratif Wonosobo dan Banjarnegara. Letak bukit ini pas berada di tengah – tengah wilayah Dieng.

Waktu perjalanan penjelajahan ke bukit ini, anda akan meewati padang savana yang cukup luas yang berisikan rumput – rumput tinggi, tanaman pohon pendek dan pohon.

Untuk menjangkau tempat wisata ini, ada beberapa jalan yang bisa anda gunakan sebagai alternatif, yaitu:

– Melalui Jogja

Jogja – Tempel – Muntilan – Magelang – Temanggung – Wonosobo – Dieng

– Melalui Solo

Solo – Kartasura – Boyolali – Ampel – Salatiga – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Wonosobo – Dieng

Akses tempat ini tidak sulit, karena sebetulnya bukit ini dekat dengan Musium Kaliasa dan Candi Gatotkaca. Anda bisa menjangkau bukit ini (sampai pada pintu masuk) menggunakan kendaraan pribadi, mobil dan motor. Namun anda juga bisa menggunakan kedaraan sewa sebagai alat transportasi anda seperti Sewa Mobil APV Temanggung.

 Poster Bukit semurup

Keutamaan Bukit Sumurup

Hal yang paling menarik dari Bukit Sumurup adalah savana yang membentang didaerah ini. Savana yang terbentuk dari telaga yang telah mengering sejak dahulu ini dipadati oleh rerumputan, ilalang da semak belukar. Pada bagian lain dari savana masih terdapat air dari telaga kecil, namun airnya tidak terlalu banyak. Keberadaan savana yang memang jarang ada di wilayah Jawa membuat savana ramai dikunjungi orang – orang yang penasaran dengan bentuk savana ini. Selain itu terdapat juga Bukit Teletubies yang menjadi daya tarik jelajah savana yang kuat, banyak orang juga terutama potographer dan model mengunjungi savana ini untuk melakukan pemotretan. Dengan latar savana yang unik, membuatnya dibanjiri oleh pengunjung. Kemudian keindahan matahari terbit yang menyilaukan patut untuk anda pertimbangkan. Anda akan berwisata ke kota yogyakarta? silahakan kunjungi bus pariwisata Yogyakarta visit http://sewabusyogyakarta.com/

Apa – Apa saja yang Dapat Anda Lakukan

Selain hal – hal utama yang ada diatas, berikut beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke tempat ini.

  1. Melakukan perkemahan atau camping, pada saat malam, bintang – bintang yang terlihat dari bukit ini sangat indah. Langit bersih belum tercemar polusi cahaya.
  2. Penelitian mengenai vegetasi dan flora fauna yang ada
  3. Melakukan photosession, prawedding dll
  4. Jelajah alam

Larangan – Larangan

Berikut beberapa larangan yang ada selama anda memasuki kawasan ini.

  1. Dilarang membuang sampah sembarangan
  2. Dilarang merusak vegetasi yang ada
  3. Jangan menyalakan api atau membakar
  4. Dilarang memburu hewan – hewan liar

Wisata Menyenangkan

Jadi dapat disimpulkan bahwa ketika anda mengunjungi tempat wisata ini, anda dapat melaksanakan berbagai aktifitas yang menyenangkan bersama alam asal masih dalam tahap yang normal. Jangan sampai kesenangan anda merugikan lingkungan sekitar aupun orang lain. Tetap pertahankan kelestarian wisata alam Bukit Sumurup.