Select Page

Mendengar nama Bukit Seroja anda pasti mengerutkan dahi, apa itu bukit seroja? Bukit seroja adalah salah satu bukit yang ada di kawasan Wonosobo. Namanya memang belum begitu terkenal, tapi anda jangan salah, bukit ini menawarkan pemandangan super indah dari ketinggian. Bukit ini memang baru dibuka akhir – akhir ini, alias masih perawan dengan vegetasi asli yang masih terjaga dan alami dan belum terusak oleh tangan – tanagan jahil.

Di bukit ini anda akan menemukan berbagai tumbuhan asli dari Wonosobo yang tidak bisa ditemukan selain di tempat ini. Bukit ini memiliki ketinggian diatas 1400 meter diatas permukaan laut yang membuat bukit ini mempunyai hawa dingin yang sejuk dan menyejukkan agi siapa saja yang mengunjunginya. Selain masih alami dan terjaga, jika anda mengunjungi bukit ini belum begitu ramai, jadi anda bisa menikmati keindahannya tanpa terganggu oleh orang – orang yang banyak. Anda bisa sekalian menyalurkan hobi anda, yaitu tracking, mendaki dan olahraga.

Nama dari bukit ini diambil dari salah satu jenis bunga yang banyak tumbuh di Indonesia, yaitu bunga seroja. Bunga seroja atau anda lebih mengenalnya dengan lotus atau teratai tumbuh di daerah yang berair dan berlumpur. Mempunyai kelopak bunga berwarna merah muda, putih hingga merah marun. Selain bukit seroja, kompleks ini juga meliputi beberapa tempat wisata seperti PLTA (Pembangkit Listik Tenaga Air) Menjer, taman kupu – kupu dan telaga menjer.

Lokasi Bukit Seroja

Bukit Seroja terletak di Wonosobo, tepatnya di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Selain itu anda juga bisa mengakses tempat ini dari Desa Kreo, Sembungan dan Maron. Untuk mendaki ke atas, diperlukan waktu sekitar 20 menit. Anda akan ditemani oleh suasana bukit yang syahdu dan suara – suara binatang yang bersahutan mengalunkan musik alam yang indah. Selian serangga – serangga yang unjuk suara, terdapat juga burung – burung yang mendendangkan langgam tanah pertiwi yang membuat perjalanan anda menjadi tidak membosankan.

Aksesnya tidak begitu sulit, anda bisa menggunakan kendaraan anda untuk menuju kesana. Sesampainya di aerah telaga menjer, akan ada baliho yang bertuliskan wisata alam menjer. Anda hanya perlu masuk melewati jalan – jalan desa dan pertanian – pertanian warga yang terhampar. Dari Maron sampai ke lokasi kira – kira jaraknya 2 sampai 3 kilo meter. Anda bisa menggunakan mobil sampai pintu telaga menjer, namun untuk sampai di kaki bukit menjer anda bisa menyewa motor trail yang mengantarkan anda sampai lembah seroja.

Untuk anda yang sedang kebingungan mencari kendaraan yang bisa mengantarkan anda sampai tujuan tanpa tersesat, anda bisa menggunakan jasa – jasa penyewaan mobil seperi Elf, minibus dan lain – lain. Anda bisa mengandalkan Sewa Mobil Terios Temanggung sebagai teman perjalanan anda.

Poster Bukit seroja dieng

Pemandangan Menakjuban dari Atas Bukit Seroja

Dari atas Bukit Seroja, anda bisa menikmati pemandangan yang lain dari pada yang lain. Jika biasanya kita melihat matahari tenggelam menyusup dibalik gunung atau laut, dari bukit ini kita bisa melihat matahari tenggelam di sebuah telaga, yaitu Telaga Menjer. Telaga Menjer terletak dalam satu wilayah dengan Bukit Seroja. Telaga yang berdiameter sampai 90 meter ini berada di bawah dari bukit. Selain anda bisa menikmati sunset dari atas bukit, anda bisa juga melihat pemandangan kota Wonosobo atau mampir ke Bukit Sumurup yang tidak kalah indahnya. Pada malam hari akan terlihat lebih menarik, karena kota Wonosobo terlihat berkerlap – kerlip seperti bukit bintang yang ada di Jogja.

Apa – Apa saja yang Dapat Anda Lakukan

Selain menikmati pemandangan dari atas bukit, anda bisa turun ke Telaga Menjer. Anda dapat menyewa perahu untuk berkeliling telaga yang luas itu. Anda cukup membayar Rp. 15.000,00 dan perahu itu akan membawa anda berkeliling sampai merasa puas. Seain itu, anda juga bisa mengadakan camping alias berkemah di kawasan ini. Menurut pengelola, sudah lumayan banyak yang mengadaan perkemahan di wilayah tersebut. Selain itu anda juga dapat mengunjungi PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dan belajar mengenai ilmu fisika mengenai bagaimana tenaga air bisa diubah menjadi listrik yang bisa menerangi desa – desa disekitar PLTA. Anda akan berwisata ke kota yogyakarta? silahakan kunjungi bus pariwisata Yogyakarta visit http://sewabusyogyakarta.com/

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan

Berikut hal – hal yang wajib anda perhatikan ketika mengunjungi tempat wisata ini.

  1. Jangan sekali – kali membuang sampah di area ini
  2. Jangan membuat keributan
  3. Hormati pengunjung
  4. Jangan merusak alam
  5. Jangan menyulut api
  6. Patuhi peraturan yang ada
  7. Jangan hanya foto – fot saja, nikmati wisata anda.

Tips Berwisata

Bagi anda yang memulai perjalanan anda, berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan agar wisata anda lebih berkualitas.

  1. Siapkan peralatan yang anda butuhkan, prioritaskan mana yang benar – benar anda butuhkan.
  2. Sediakan uang secukupnya, jangan membawa terlalu banyak agar tidak menarik perhatian dan membuat anda menjadi sasaran kejahatan
  3. Tetap berwaspada dan hati – hati
  4. Berwisatalah dengan niat untuk menikmati pemandangan, bukan hanya untuk selfi saja

Nah beberapa tipa tersebut dapat anda lakukan dalam perjalanan anda. Mari utamakan persiapan dan let’s go to Bukit Seroja!